» » » Pemimpin Yang Utuh #1

Pemimpin Yang Utuh #1

“Sejak 1918, ketika Perang Dunia I memperkenalkan penggunaan uji IQ secara masal terhadap para calon tentara Amerika Serikat.

Pemimpin Yang Utuh #1
“Sejak 1918, ketika Perang Dunia I memperkenalkan penggunaan uji IQ secara masal terhadap para calon tentara Amerika Serikat. Skor IQ rata-rata di Amerika Serikat telah meningkat 24 poin dan kenaikan serupa juga tercata di Negara-negara maju seluruh dunia. Alasan kenaikan tersebut berkisar antara nutrisi yang lebih baik, lebih banyak anak-anak yang berkesempatan menyelesaikan jenjang pendidikan tinggi.

Adanya game komputer dan permainan teka-teki yang membantu anak-anak menguasai ketrampilanketrampilan berwawasan hingga semakin kecilnya jumlah anggota keluarga, yang umumnya berkolerasi dengan tingginya skor IQ pada anak-anak. Dari hasil survei besar-besaran terhadap guru dan orang tua menunjukkan bahwa anak-anak generasi sekarang lebih sering mengalami masalah emosi dibandingkan generasi terdahulu. Anak-anak sekarang secara rerata tumbuh dalam kesepian dan depresi, lebih mudah marah dan lebih sulit diatur, lebih gugup dan cenderung cemas, lebih impulsif dan agresif ” kata Daniel Goleman.

Sekitar awal 1970-an, dipuncak maraknya protes mahasiswa sedunia menentang Perang Vietnam, seorang pustakawan di sebuah kantor US. Information Agency di luar negeri menerima kabar buruk. Sebuah kelompok mahasiswa mengancam akan membakar perpustakaannya. Kebetulan pustakawan tersebut mempunyai beberapa teman di kalangan mahasiswa yang mengeluarkan ancaman. Reaksinya mula-mula tampak konyol atau naif atau keduanya. Ia mengundang kelompok tersebut menggunakan perpustakaan untuk beberapa pertemuan mereka. Ia juga mengajak warga Amerika yang negeri bersangkutan hadir untuk mendengarkan mereka, maka terjadilah dialog bukannya konfrontasi. Pustakawan tersebut memperagakan keahliannya sebagai negosiator, atau agen perdamaian yang sangat hebat, yang mampu membaca situasi dan itulah salah satu kemampuan yang merupakan kecerdasan emosi (EQ).

Menurut Danah Zohar dan Ian Marshall, IQ dan EQ terpisah atau bersama-sama, tidak cukup untuk menjelaskan keseluruhan kompleksitas kecerdasan manusia dan juga yaan jiwa serta imajinasinya. Komputer memiliki IQ tinggi, karena dapat mengetahui aturan dan mengikutinya tanpa salah. Banyak hewan mempunyai EQ tinggi, karena dapat mengenali situasi yang ditempatinya dan mengetahui cara menanggapi situasi tersebut dengan tepat. Akan tetapi komputer dan hewan tidak pernah bertanya mengapa kita memiliki aturan atau situasi, atau apakah aturan atau situasi itu dapat diubah atau diperbaiki. Pemimpin butuh kecerdasan spiritual (SQ) yang dapat mengefektifkan IQ dan EQ. Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan untuk menghadapi dan memecahkan persoalan makna dan nilai, yaitu kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup seorang pemimpin dalam konteks makna yang lebih luas dan kaya, kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan atau jalan hidup seseorang mempunyai makna dibandingkan dengan orang lain.

Nilai-nilai spritual spiritual yang umum, antara lain : kebenaran, kejujuran, kesederhanaan, kepedulian, kerjasama, kebebasan, kedamaian, cinta, pengertian, amal baik, tanggungjawab, tenggang rasa, integritas, rasa percaya, kebersihan hati, kerendahan hati, kesetiaan, kecermatan, kemuliaan, keberanian, kesatuan, rasa syukur, humor, ketekunan, kesabaran, keadilan, persamaan, keseimbangan, ikhlas, hikmah, dan keteguhan. Cinta kasih digunakan Mahatma Gandhi untuk meminpin 3 milyar rakyat India untuk memperoleh kemerdekaan. Dia mencintai kaum Sudra yang menderita, tidak saja dengan menerima mereka sebagai anggota keluarga, bahkan ia rela mempertaruhkan nyawa berjuang menghapus perbedaan kasta dan menggugah bangsa India agar adil terhadap sesama.

Gandhi menyukai anak-anak yang lugu dan selalu menyempatkan diri bermain bersama anak-anak padepokan, dia juga suka menggendong bayi, mencium dan memanjakan mereka seperti buah hatinya sendiri. Seusai sembahyang malam anak-anak suka mengelilinginya. Setelah dewasa anak-anak ini sulit menerima kenyataan bahwa orang tua yang ramah tamah ini sesungguhnya adalah Bapak Kemerdekaan India. Dia juga mencintai musuh dan percaya bahwa setiap orang pada dasarnya baik hanya masih tertutup. Dia beranggapan, bila kata-kata tidak mampu melunakkan lawan, maka setidaknya kepolosan, kerendahan hati, dan kejujuran akan membuat orang terharu sehingga lawanpun akan menaruh iba atas kesabaran, lalu membuang jauh pikiran salah dan tak akan terjadi saling membunuh. Selain tidak ingin mencelakakan musuh, Gandhi juga beranggapan lebih baik dirinya yang menderita agar kedua belah pihak yang bermusuhan saling mengasihi.

Kematiannya yang sangat ironis memberitahu kita bahwa ketulusan dan kebaikan hati saja tak akan mampu membantu sesama menjauhi tekanan, penjajahan, saling membunuh, kebencian dan tindakan yang sadis. Negara yang dicintainya terpecah belah, petani yang diperhatikan tetap miskin. Api peperangan di bumi tak surut-surut, kaki raksasa kemewahan menginjak si miskin yang merintih. Cinta itu memang ada, hanyalah bagian terbesar untuk orang lain dan yang sedikit untuk diri msendiri. Demikian tulis Kwok Yuen Ming dalam bukunya Mahatma Gandhi...

M. Suyanto
Ketua STMIK AMIKOM Yogyakarta

Image From: pxhere.com

COMMENTS

Nama

Catatan,9,Catatan Visual,1,Cerita Hikmah,6,Mp3,2,Ngaji,1,Sajak,4,Tokoh,6,Unek Unek,3,
ltr
item
Ahma Indraki: Pemimpin Yang Utuh #1
Pemimpin Yang Utuh #1
“Sejak 1918, ketika Perang Dunia I memperkenalkan penggunaan uji IQ secara masal terhadap para calon tentara Amerika Serikat.
https://2.bp.blogspot.com/-8Pnh27giLnU/WhiIEvCS_MI/AAAAAAAACp4/upTeFqPcC2c2SW77_RmKz73ViKQn1LE5ACLcBGAs/s1600/pemimpin-yang-utuh.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-8Pnh27giLnU/WhiIEvCS_MI/AAAAAAAACp4/upTeFqPcC2c2SW77_RmKz73ViKQn1LE5ACLcBGAs/s72-c/pemimpin-yang-utuh.jpg
Ahma Indraki
http://www.ahmaindraki.com/2010/09/pemimpin-yang-utuh.html
http://www.ahmaindraki.com/
http://www.ahmaindraki.com/
http://www.ahmaindraki.com/2010/09/pemimpin-yang-utuh.html
true
1656212988110006381
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy